Tuesday, 25 June 2019

KKR Aceh

Kerja Sama Kkr Aceh Dengan Yayasan Pulih Di Bidang Pendampingan Psikososial

  • Bisma Yadhi Putra
  • Berita
  • Dipublikasi Selasa, 7 Agustus 2018 | 10:48 WIB

Kerja Sama KKR Aceh dengan Yayasan Pulih di Bidang Pendampingan Psikososial

SELAIN pengungkapan kebenaran, salah satu tugas lain KKR Aceh yang juga cukup krusial adalah melakukan pemulihan psikologis bagi para korban konflik. Untuk melaksanakan tugas ini, KKR Aceh bekerja sama dengan Yayasan Pulih Area Aceh yang telah banyak makan garam dalam kerja-kerja reparasi.

          Sebelum kerja sama kedua lembaga diimplementasikan, Yayasan Pulih Area Aceh menyosialisasikan “Program Dukungan Emosional dan Pemulihan Psikososial” ini di kantor KKR Aceh pada Selasa (31/7) kemarin. Dijelaskan bahwa yang diutamakan dalam program ini terbatas pada penyintas yang diambil pernyataannya oleh KKR Aceh.

          Selain korban, komisioner, anggota kelompok kerja, maupun pertugas pengambil pernyataan dari lembaga mitra juga dapat menerima manfaat dari program ini.

          Bagi anggota kelompok kerja, pendampingan atau pemulihan psikologis tidak hanya akan diberikan kepada yang terlibat dalam pengambilan pernyataan di lapangan. Anggota yang terlibat dalam pengelolaan data juga berpotensi terimbas usai membaca narasi peristiwa-peristiwa yang masuk, sehingga perlu pula mendapat pemulihan.

          Koordinator Yayasan Pulih Area Aceh Dian Marina  menjelaskan, secara garis besar tujuan program ini adalah agar para penerima manfaat memiliki kesehatan mental atau kesejahteraan psikologis.

 

Berita Terkait

Syarah Ringkas tentang Pengambilan Pernyataan

07 Aug 2018

Syarah Ringkas tentang Pengambilan Pernyataan

Bisma Yadhi Putra | Artikel

LANGKAH awal yang cukup menentukan dari pengungkapan kebenaran yang nantinya akan dilakukan KKR Aceh adalah mendengar dan mencatat kesaksian korban atau saksi. KKR Aceh menyebut kegiatan ini dengan...

Wacana Reparasi untuk Korban Kekerasan Seksual

07 Aug 2018

Wacana Reparasi untuk Korban Kekerasan Seksual

Bisma Yadhi Putra | Berita

Temuan atas kasus kekerasan seksual yang terjadi semasa konflik Aceh terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal itu merupakan kenyataan yang didapati dalam aktivitas pengambilan pernyataan korban...


Komentar (0)


Kirim komentar

Komentar anda berhasl dikirim!

Pencarian

Populer

Terbaru

Tag